Ketika Momo di Steril

image
Momo

Pingin share cerita ketika Momo dioperasi utk sterilisasi. Momo adalah kucing di rumah kami di Semarang. Dia kucing kesayangan, bulunya calico atau belang tiga. Meskipun jenisnya kucing kampung, tp dia sangat lucu. udah 2x melahirkan. jadinya kami putuskan utk mensteril karena udah terlalu banyak kucing d rumah.
awalnya aku dan adekku survei dlu, tanya2 ke 2 dokter hewan. yg pertama drh. Bambang Himawan yg praktek di daerah Meranti, yang kedua drh. Sayekti yg praktek di klinik Pet Zone, Tembalang. kami menanyakan soal prosedur steril, resiko2nya, treatment pra dan pasca operasi, serta biayanya. setelah menimbang2 akhirnya kami putuskan melakukan steril di Klinik Pet Zone di Tembalang.  Hari Jumat, 26 Des 2014 jam 10 kami membawa Momo ke dokter. Operasinya sekitar 2-3 jam. Penyembuhannya sekitar seminggu sampai jahitan bisa dilepas. Masa-masa pasca operasi bukanlah hal yg mudah untuk dilalui. Berdasarkan pengalaman steril tersebut, ada beberapa hal yang penting diketahui untuk pemilik kucing yg ingin melakukan sterilisasi pd kucingnya.
1. Sebelum memutuskan steril, pikirkan baik2 dan matang. karena ketika steril sudah dilakukan, tidak bs dikembalikan lagi. Kalau aku sih alasan terbesar steril memang krn sudah sangat kewalahan dg jumlah kucing yg terlalu banyak sementara waktu dan sumber daya terbatas. Mengontrol kelahiran kucing menjadi sangat penting apabila pemilik kucing ingin bisa lebih fokus mengurus kucing yg sudah ada. Sebenarnya ada alternatif lain, yakni suntik KB. Tapi suntik ini tidak disarankan untuk jangka panjang karena mmiliki efek hormonal yg kurang baik untuk kucing.
2. Kalau memang sudah yakin, pikirkan waktu untuk steril. Treatment dan pengawasan pasca operasi sangat penting. kalau bisa, ambil waktu liburan agar bisa mengawasi kucing sepanjang waktu. Kalau ga ada waktu libur sama sekali, opname di klinik bs jadi pilihan kalau kliniknya memiliki fasilitas opname.
3. Tentukan klinik / dokter hewan yang akan menangani sterilisasi. dokter hewan langganan lebih dianjurkan karena sudah terbiasa menangani kucing kita. Pertimbangkan juga lokasi kliniknya. kalau bisa cari yg dekat. hal ini akan memudahkan kita kalau2 ada sesuatu pasca operasi. pastikan dokternya juga mau “diganggu” di luar waktu prakteknya ketika kita ingin menanyakan sesuatu terkait kondisi kucing.
4. Konsultasi dg dokter apakah kondisi kucing layak utk operasi. Biasanya dokter akan menentukan kapan waktunya, apakah hari itu juga atau besok. Atau jika kucing tidak dalam kondisi sehat, ya harus nunggu sehat dulu.
5. Kucing harus dipuasakan setidaknya 8 jam sebelum operasi. Ga boleh makan dan minum.
6. Berdoa saat proses operasi dilakukan. meskipun byk kucing yg sukses disteril, resiko operasi tetap ada. Jadi doa kita sangat penting bagi kucing.
7. Setelah operasi selesai dilakukan, kita bisa bawa pulang kucing. Nah, pasca operasi ini yg butuh perhatian dan pengawasan ekstra dari kita. Kucing tdk boleh byk bergerak, jd biasanya dokter menyarankan kucing dikandangin saja. Tapi Momo adl jenis kucing yg gak suka dikandangin, mgkn krn jenisnya kucing kampung. Memasukkan dia ke dlm kandang hanya akan membuatnya berontak, jadi kami sediakan ruangan khusus untuk dia.   itulah sebabnya, mengetahui karakter kucing sgt penting agar bisa memperkirakan perilaku nya.
Ketika Momo dibawa pulang ke rumah pertama kali, kondisinya memang masih lemah. Belum bs bangun, sampai dia pipis dalam kondisi tiduran. Sedih deh ngeliatnya. Tapi dalam waktu 3-4 jam dia udah bisa bangun dan jalan2. Bahkan malam harinya bisa manjat jendela.

image
Momo setelah operasi

8. Dokter akan memberi obat minum untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi sakit pasca operasi. Momo diberi kapsul, harus diminum 2x sehari. Ada alat untuk ngasih minum obat kepada kucing, bentuknya seperti gunting, fungsinya untuk mendorong obat. Tapi aku susah banget pakai alat itu, jadinya obat Momo aku cairkan pake air dan diminumkan pake tabung suntikan yg ga ada jarumnya gtu.

image
Obat Momo

9. Sediakan perban/kasa dan plester perekat di rumah. ini bermanfaat apabila perban kucing lepas. kamu bisa memasangnya sendiri. Momo bolak balik lepas perban di perutnya. mungkin memang krn kebanyakan polah. dan dia jilat2 n gigit2. sempet dibawa ke dokter untuk diperban ulang. tapi karena lepas terus, dokter akhirnya ngasi tau suruh beli salep antibiotik dan dikasi tau utk perban ulang sendiri. biar ga repot bolak-balik k klinik.

image
Perban, plester perekat dan salep antibiotik
image
Momo hari keempat, setelah diperban ulang sama dokter

10. Setelah seminggu, balik lagi ke dokter utk lepas jahitan. Momo ga nyampe seminggu, cuman 5 hari, udh lepas jahitan. gara2nya perbannya lepas terus, jahitannya dihari ke 5 ikutan lepas 3 baris. pas dibawa ke dokter, skalian dilepas karena hasil jahitannya udah bagus.
11. setelah lepas jahitan, bisa dikatakan proses sterilisasi selesai. tapi kucing tetap harus dijaga dan diawasi sampe kondisi bekas jahitannya bener2 pulih.

image

12. Terkait biaya, ada perbedaan biaya steril di masing2 klinik. coba aja survei dulu di beberapa tempat. kl di semarang waktu itu biayanya sekitar 850rb – 1jt. kalau steril kucing jantan lebih murah, antara 350rb – 500rb. Penentuan tempat sangat penting yah. Jangan asal milih murah tp dokternya ga bagus. kalau nemu klinik murah, bagus, dan deket dri rumah sih alhamdulillah banget.

Begitulah pengalaman ketika salah 1 kucing kami di steril. Cukup menguras waktu, pikiran dan tenaga. karena kucing kan ga kayak orang yg bisa dikasi tau untuk bisa anteng stelah operasi. Momo sangat risih dengan perbannya sehingga sering digigitin, ditarik, dijilatin sampe lepas. Makanya bener2 harus diawasin kucingnya. Tapi overall, proses steril  ga semenakutkan yg aku bayangin sebelumnya. Proses penyembuhannya juga relatif cepat. Momo sekarang udah ceria lagi. Pas seminggu pasca operasi.

2 pemikiran pada “Ketika Momo di Steril

  1. Umurnya momo setahun lebih. Sekitar 1.5thn apa 2 thn gt. Udah 2x beranak. Eh, sbnrnya 3x, tp anak yg prtama mati. Takut hamil lagi jd lgs disterilkan. Kucing mbak udh beranak blm yah? 2 kucing itu seumuran?
    Tinggalnya dmn mba? Kl di sekitar Jkt, sering ada baksos steril kucing murah disana.
    Atau kl kepepet ga pgn kucing hamil, sambil nabung bs suntik kb dl sementara. Bisa buat setahun. Murah kok kl suntik kb. Tp ga boleh sering2 krn pnya efek negatif jangka panjang.

    Suka

Tinggalkan komentar